comments 9

Membangun Startup Anti Mainstream dari Inspirasi Lokal

Salah satu yang harus saya syukuri sejenak merasakan beraktivitas di San Francisco ini adalah banyaknya event komunitas startup dan teknologi yang diadakan di kota ini. Kemarin saya ditraktir tiket masuk oleh Ko Yansen yang kebetulan sedang menemani presiden RI di sini (tsahh :D) untuk hadir dalam acara Black box Connect #14, sebuah acara yang diadakan oleh Black Box sebagai puncak dari program inkubasi startup-startup dari beberapa negara berkembang yang tersebar dari seluruh dunia selama dua pekan.

Di program Blackbox ini, para startup dari seluruh dunia yang mendaftar diseleksi untuk bisa dibaga ke Sillicon Valley dan diberi pelatihan intensif selama 2 pekan. Untuk masuk ke dalam program ini, produk mereka harus sudah rilis di pasar dan juga menargetkan pasar global.

Di angkatan ke 14 ini, Blackbox mendatangkan para startup dari beragam negara, tidak terkecuali beberapa negara berkembang seperti Pakistan, Libanon, dan Israel.

Suasana Event BlackBox
Suasana Event BlackBox

Hal menarik yang saya dapatkan ketika menyaksikan presentasi dari produk mereka, ada beberapa diantara mereka yang membuat ide produk yang unik, baru, dan tidak terpikirkan sama sekali oleh orang kebanyakan.

Setidaknya ada 2 startup dari 12 startup di event ini yang menarik perhatian, mendatangkan inspirasi, dan mungkin bisa juga jadi inspirasi bagi pembaca sekalian. Mereka adalah SafeBeyond dan Rational Pixels. Oya keduabelas startup lainnya bisa dilihat di halaman ini jika ada yang ingin menelusuri lebih jauh.

 

SafeBeyond ini berhasil memenangkan hati saya dengan ide produknya. Mereka menyediakan service bagi kita untuk dapat menyimpan memori atau kenangan diri kita ke generasi penerus kita di masa yang akan datang. Aplikasi mobile (android dan iOS) maupun web ini membantu kita merekam dan menyimpan pesan, video, gambar dan lainnya yang akan kita titipkan untuk dilihat oleh anak-anak, keluarga, atau orang-orang yang kita tentukan.

Mereka mengingatkan jika ada momen ulang tahun atau momen spesial lainnya kepada kita untuk merekam pesan atau kenangan tersebut untuk disaksikan oleh generasi penerus kita di waktu mendatang.

Yang paling berkesan adalah story yang dibangun oleh founder SafeBeyond ini ketika melakukan presentasi di depan juri dan para peserta acara. Foundernya adalah seorang suami yang kehilangan istrinya beberapa tahun yang lalu karena penyakit kanker dan meninggalkan anaknya yang masih sangat kecil. Ia merasa sangat kehilangan dan sedih karena anaknya tidak bisa merasakan kenangan bersama ibunya dalam masa tumbuh kembangnya. Semenjak itu ia ingin membuat “time capsule” untuk puluhan juta orang di seluruh dunia yang sudah divonis kanker atau penyakit kronis lainnya untuk menitipkan pesan dan kenangan mereka kepada orang-orang yang mereka sayangi.

Saya membayangkan kalau saya menabung pesan/kenangan di aplikasi ini, di simpan di cloud, pasti akan manis sekali bagi Azima untuk melihat pesan-pesan ayahnya ketika sudah dewasa kelak.

Tapi menurut saya tetap masih ada beberapa tantangan bagi startup ini, misalnya tentang apakah teknologi penyimpanan data mereka masih bisa terus menyesuaikan dan relevan hingga belasan atau puluhan tahun ke depan saat metode penyimpanan dan visualisasi data sudah sedemikian majunya. Juga apakah startup ini masih tetap ada dan belum tutup saat itu πŸ˜€

Tapi di luar itu, ide produk yang manis ini berhasil memenangkan hati saya, mungkin kalau saya adalah angel investor, saya ingin invest di produk ini. Kalau kata banyak founder startup yang sudah melalui stage seed funding khususnya dari angel investor, biasanya memang keputusan yang diambil lebih banyak dari sisi emosional dari sang angel investor ketimbang rasionalitas. Baru di stage seri A dan seri B biasanya banyak bermain hal-hal objektif dan substansial bisnis dari sebuah startup. Itulah mengapa seorang founder startup harus bisa punya passion dan rasa excited yang tinggi terhadap startupnya, salah satunya supaya bisa meraih emosi dari lawan bicaranya, entah itu partner, calon anggota tim, customer, hingga investor.

Sesi Presentasi SafeBeyond
Sesi Presentasi SafeBeyond

Produk berikutnya bernama Rational Pixels, nah produk ini menyedot perhatian saya karena mereka bisa menawarkan metode baru dalam beriklan tanpa harus mengganggu kenyamanan kita saat menikmati media iklan yang sedang disaksikan. Bagaimana caranya? Mereka menempatkan konten iklan di video tapi dengan software mereka yang dibuat sangat seamless dan menyatu dengan konten video mereka. Misal kita mau beriklan logo perusahaan kita, mereka bisa membuat logo tersebut menempel di tembok, mobil, atau objek lainnya yang ada di video yang kita pilih dengan sangat natural.

Ide mereka ini mengotomatisasi cara beriklan yang saat ini mulai banyak digunakan oleh brand-brand besar di video game populer yang telah ada saat ini. Contohnya iklan kampanye Obama di beberapa game EA Sports seperti NBA live di bawah ini.

Iklan Obama di Salah Satu Video Game
Iklan Obama di Salah Satu Video Game

Kalau dari presentasinya, startup ini memang belum memiliki traction besar, tapi saya melihat mereka berhasil menemukan teknologi yang menarik. Jika mereka bisa memadukannya dengan konten video viral, production house, atau agency iklan besar untuk menjadi kendaraan mereka menarik perhatian pasar tentunya akan jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Di luar produk-produkyang dipresentasikan, yang membuat saya tertarik lagi adalah bagaimana ide-ide membuat startup anti mainstream dapat bermunculan dari negara-negara yang tidak dikenal karena dunia startup teknologinya. Biasanya trend produk startup muncul dari Sillicon Valley, bahkan ada perusahaan sekaligus venture capital global dari Jerman (yang juga invest di beberapa startup besar di Indonesia) yang memfokuskan bisnisnya untuk melihat, membawa, dan mengimplementasikan ide produk sukses dari SIllicon Valley ke negara-negara berkembang dengan pasar besar. Tapi ternyata mereka yang berasal dari negara-negara berkembang dengan karakter uniknya masing-masing bisa juga menarik perhatian kita. Jika mereka ditempatkan dalam ekosistem yang mendukung tentunya bukan tidak mungkin mereka bisa berkembang dengan sangat cepat.

Ide kearifan lokal dari Indonesia tentang pertanian, peternakan, perikanan, atau karakter sosial masyarakat misalnya, bisa menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan sebuah startup. Dan mungkin bisa menjadi penyegar dari ide-ide startup yang cenderung tidak bervariasi. Misalnya iGrow yang terinspirasi dari model pertanian Indonesia, atau eFishery yang terinspirasi dari dunia perikanan Indonesia, ketika dibawa ke tingkat global sangat mudah menarik perhatian. Saya dengar eFishery menjadi superstar di program Google LaunchPad Januari lalu, sama dengan iGrow yang menjadi salah satu primadona dalam program akselerasi bisnis yang sedang saya ikuti saat ini.

Menggali inspirasi lokal dari keunikan, permasalahan, ataupun potensi lokal wilayah atau negara kita bisa menjadiΒ  sebuah strategi yang efektif untuk seorang entrepreneur menciptakan startup tapi tidak terjebak pada persaingan di pasar yang sudah ramai dihuni oleh pemain-pemain besar di sana. Saat kita masuk ke dalam pasar yang sudah ramai mungkin pendekatan produk kita cenderung terbatas seperti menembak pasar yang lebih spesifik, pembedaan channel marketing, atau pendekatan solusi yang divariasikan. Namun kalau kita menciptakan inovasi di ranah yang masih belum banyak digarap kita bisa banyak berekspresi di sana. Saya tidak menafikkan bahwa sesuatu yang baru itu punya resiko dan tantangan yang tidak mudah, tapi tidak menjadikan hal tersebut tidak worth untuk dicoba πŸ˜€

Boleh jadi kita dihinggapi banyak masalah dan tantangan di kehidupan atau lingkungan lokal kita, tapi kita bisa memanfaatkannya menjadi inspirasi untuk mencari ide solutif yang dapat memecahkan masalah tersebut dan siapa tahu bisa di-scaleup ke tingkat global dengan teknologi.

9 Comments

  1. Assalamualaykum Bang Jay, tulisan-tulisan Bang Jay sangat menginspirasi. Boleh gak nih kalau saya silaturahim ke Bang Jay untuk belajar bagaimana membangun start up yang baik? Terima kasih Bang Jay

    Agung
    PPSDMS Reg 1 Angkatan 5

  2. assalamu’alaikum

    salam kenal kak,

    bicara tentang inspirasi, saya penasaran adakah buku yang sudah atau sedang kakak baca yang menurut kakak menginspirasi ? atau berperan banyak dalam perkembangan karakter dan atau pemikiran kakak? Kalau ada, boleh di share dalam bentuk tulisan juga? Pasti bermanfaat sekali..

    terimakasih

  3. SafeBeyond di Indo kagak laku tuh, soalnya orang Indo seneng gratisan jadi lebih pilih Google Drive πŸ˜€
    Rational Pixels keren tuh, jadi pembayaran iklannya ke pemilik video yah bukan ke tv yg nyiarin video, tayangan iklan di stasiun tv pada sepi dong

Leave a Reply