comment 0

Sayap Pelengkap Perjalanan Bernama Kesabaran

Kami membangun Badr Interactive 9 tahun silam. Tapi setelah tahun ke-7 perusahaan ini baru Allah mulai beri stabilitas dan kelapangan. Sebuah perjalanan yang tidak sebentar.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan Techcrunch terhadap unicorn di US untuk mengetahui kesamaan dan karakteristik yang dimiliki mereka.
.
Salah satu yang menarik adalah rata-rata dibutuhkan min 8 tahun dari perusahaan-perusahaan ini untuk bisa sukses. Waktu yang tidak sebentar.
.
8 Tahun adalah komitmen yang dibutuhkan. Akan aneh jika ada orang yang ingin jadi founder startup tapi gak menyiapkan komitmen jangka panjang hingga startup kita sustain dan besar.
.
Di tengah fasilitas serba instan yang ada di sekitar kita, sabar berproses bukan hal yang mudah. Sekarang kita begitu mudah untuk instan dalam proses mendapatkan sesuatu. Mau makan ada online delivery, mau pergi ada ojek online, pesan tiket ada booking online, mau nonton ada ondemand movie, dan deretan panjang lainnya.
.
Plus kita generasi milennial dan gen Z yang banyak tercap sebagai generasi instan. Kita menganggap semua dalam hidup kita bisa dicapai instan.
.
Padahal gak begitu perjalanan mencapai kesuksesan di kehidupan bekerja.
.
Itulah mengapa penting memiliki kesabaran dalam berjuang. Kesungguhan saja belum cukup, ia harus punya sayap pelengkap bernama kesabaran.
.
Jika setahun dua tahun bersungguh-sungguh bangun mimpi dan kita masih belum merasakan manisnya hasil. Mari bersabar dalam berproses. Jangan langsung “quit”, selama masih banyak cara lain yang belum dicoba.
.
Bersabar dalam berproses itu gak rugi. Apalagi berproses itu sendiri adalah pembelajaran, pendewasaan, plus sepaket juga dapat pahala sepanjang proses perjuangannya.
.
9 tahun memang gak bisa dibilang waktu yang cepat untuk sebuah perusahaan mematang. Banyak yang lain jauh lebih cepat. Tapi gak pernah gak bersyukur karena perjalanan, biarpun lama, gak ada yang sia-sia. Ada tak berhingga pembelajaran kehidupan buat kami di dalamnya.

Leave a Reply