Sebuah Awal Perjalanan menjadi Perwakilan Fasilkom di Mapres UI (bagian 1)

Enam bulan lalu tepatnya, pemuda bernama Jay ini menguatkan niatnya untuk serius dalam kompetisi mapres yang akan jatuh pada bulan April. Masih ingat rasanya ketika ia dengan sok sok an mengajak chatting Ka Mahen (mapres utama fasilkom 2008 yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan di Belanda) menggunakan bahasa inggris dengan alasan latihan persiapan mapres. Tidak lupa juga ia dengan terang-terangan minta sharing pengalaman dan file-file mapres dari Ka Ilman (mapres utama fasilkom 2009 yang saat ini sudah jadi vice president director univind). Satu lagi yang selalu bisa memotivasinya, sebuah kalimat yang ia tulis pada buku harian pribadi yang ia bawa setiap saat, satu targetan yang ingin ia capai menjadi tiga besar mapres Fasilkom 2010. Nah pelajaran pertama yang bisa diambil: Rencanakan dengan matang suatu tujuan kecil dalam hidup dari jauh jauh hari dan jangan takut sampaikan mimpi kita itu kepada orang lain serta tuliskan. InsyaAllah itu akan bisa menjadi motivasi besar bagi diri kita.

Pada bulan Januari akhirnya saya membulatkan hati ingin mengambil hanya 15 sks agar bisa mempersiapkan diri dengan baik pada bulan April. Tetapi ternyata beban 15 sks pun terasa masih sangat banyak dengan kesibukan saya smester ini. Amanah sebagai wakil ketua BEM Fasilkom pun ternyata cukup menguras perhatian di awal perjalanan ini. Sampai akhirnya saya baru tersadar masih belum mempersiapkan apa-apa untuk mapres hingga hingar bingar mapres telah terasa di fakultas lain seperti psikologi, FT, dan FE. Yah untunglah proses seleksi mapres di fasilkom telat kira-kira 3 minggu dari fakultas yang saya sebutkan tadi. Sehingga saya sudah mulai tersadar untuk menyusun strategi dan menyiapkan diri saat teman-teman saya di asrama PPSDMS yang ada di FT dan FE mulai panik untuk mempersiapkan keperluan mapresnya.

Yap sebuah keuntungan tersendiri bagi saya yang tinggal dengan teman-teman dari berbagai fakultas di UI sehingga bisa belajar banyak dari pengalaman mempersiapkan persiapan menghadapi mapres fakultas. Mulai dari cara mengumpulkan bukti cv sampai mendapat gambaran bagaimana tatacara pemilihan mapres fakultas lain. Nah pelajaran yang kedua yang bisa kita dapatkan dari hal ini adalah kenali medan kompetisi mapres caranya bisa sharing dengan peserta kompetisi mapres tahun lalu atau sharing dengan peserta mapres tahun ini dari fakultas lain.

Setelah itu tiba saat yang ditakutkan tiba, penentuan tanggal mulainya proses pemilihan mapres fasilkom. Tanggal 1 April menjadi deadline CV dan karya tulis sedangkan tanggal 9 dan 10 menjadi tes bahasa inggris dan presentasi. Ada tiga macam pengujian yang harus kami lalui: tes bahasa inggris, tes CV, dan tes karya tulis + presentasi. Kalau di fasilkom, tes bahasa inggrisnya melalui focus group duscussion, writing, dan listening. Tes CV nya seperti fakultas lainnya dengan mengisi form CV dilengkapi dengan bukti-bukti pendukungnya. Sedangkan tes karya tulis dan presentasi dilakukan dengan membuat karya tulis yang bertemakan meningkatkan daya saing bangsa dengan memanfaatkan keunggulan lokal dan dipresentasikan pada tanggal 10 sebagai rangkaian paling akhir dari proses seleksi mapres. Setelah itu diakhiri dengan tes presentasi.

Persiapan yang paling matang yang saya lakukan adalah dalam tahapan penyusunan CV. Saya sudah menyusun CV sejak 2 minggu sebelum pengumuman dibukanya kompetisi lmapres sehingga bisa fokus dalam penyusunan karya tulis. Untuk persiapan tes karya tulis saya melakukannya dengan penuh kehati-hatian. Satu minggu penuh saya habiskan untuk bolak balik perpustakaan untuk mencari bahan literatur, sekian kali ganti tema, dan menghabiskan satu harian penuh hanya untuk menyusun latar belakang. Maklum belum pernah berpengalaman dalam hal karya tulis ilmiah. Tapi setelah sadar apa yang saya lakukan tidak efektif saya segera ngebut memenuhi deadline penyelesaian karya tulis.

Kalau untuk bahasa inggris saya lakukan latihan speech sendiri dengan topik yang saya prediksi akan keluar berkali kali sampai bosan. Nah pelajaran yang bisa saya sampaikan dari kejadian ini adalah segera tentukan apa yang ingin dibahas dalam karya tulis dan mantapkan hati! Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa menghasilkan ide karya tulis yang brilian? Banyaklah membaca, baca apapun, koran, majalah, tabloid. Semua sumber informasi positif yang nantinya kita bisa saling koneksikan satu sama lain untuk membentuk sebuah ide solusi permasalahan bangsa kita saat ini.

Kemudian untuk persiapan tes presentasi hampir sama dengan latihan bahasa inggris, saya melakukan simulasi presentasi berulang-ulang. Ada yang diawasi dan diberi masukan oleh teman-teman PPSDMS. Satu poin yang saya ingin spesialkan pada presentasi saya kali ini adalah slide presentasi saya yang ingin saya buat bisa menghibur dan beda dari yang lain. Caranya saya buat semua gambar yang ada di slide saya dengan gambar animasi buatan saya sendiri dan saya buat setiap gambar di slidenya menjadi sebuah alur cerita yang menarik dan menghibur. Pelajaran yang bisa saya sampaikan dari pengalaman tes presentasi adalah perbanyak sebanyak banyaknya hingga kita bosan latihan simulasi presentasi. Lakukan latihan di depan teman dan minta masukan, atau bila tidak ada teman yang bisa diajak latihan lakukan di depan cermin dengan direkam suara kita.

Selama proses ini saya sangat bersyukur karena teman-teman seasrama PPSDMS yang sangat mensupport dan membantu saya selama proses mapres, terlebih kepada saudara saya Big Zaman yang selalu bisa menjadi penyemangat saya dalam proses mapres fakultas ini. Masih teringat saat saya dan Big berlomba lomba menyelesaikan karya tulis atau membuat slide. Yah dengan hadirnya Big untuk seorang yang tidak mau kalah dan suka bersaing seperti saya menjadi penambah motivasi tersendiri. Mungkin sekian dulu cerita bagian 1 ini,,akan saya lanjutkan pada bagian ke dua setelah ini,,,


CATEGORIES : Pemikiran/ AUTHOR : jay

4 comments to “Sebuah Awal Perjalanan menjadi Perwakilan Fasilkom di Mapres UI (bagian 1)”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. and the story goes.. hehe
    seneng bisa kenal kaka. mohon bantuannya hr minggu besok makasih :)

  2. Keren bang Jay :)

  3. @Kenny: Makasih Kenny, siap siap ya bwt mapres utama FT UI 2011

  4. terus berprestasi jangan pantang menyerah yach kak..:)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On YoutubeVisit Us On Linkedin