Hari Pertama Menjadi CEO

Sejak Musyawarah Besar Badr Interactive pada tanggal 24 Desember 2011, ditetapkan saya akan memegang amanah sebagai CEO dari Badr Interactive menggantikan saudara saya Mohamad Sani. Namun saya baru beroperasi secara penuh sejak kemarin, 6 Januari 2012 karena saya masih diberi kesempatan untuk bisa menyelesaikan TA saya. Menjadi CEO bukanlah sebuah kebanggaan atas posisi yang bisa pamerkan, terlebih untuk sebuah perusahaan yang juga menjadi wajihah dakwah ini. Menjadi CEO adalah sebuah tanggung jawab besar, karena ia yang akan menjadi nahkoda kapal ini, ia yang akan senantiasa harus bisa melihat apakah kapal tetap berada pada alur yang benar, bagaimana kondisi para awaknya, sebuah posisi dimana ia harus mengorban tenaga dan pikiran lebih, sebuah tugas ketika ia dituntut untuk bisa menjadi teladan bagi seluruh anggota tim yang ia pimpin.

Posisi CEO ini merupakan posisi yang sangat berat dan besar pertanggungjawabannya untuk sebuah start up yang sedang berkembang saat ini. Badr Interactive saat ini  memiliki 10 orang anggota tim, dengan 5 orang full timer dan 5 oran part timer. Ada satu orang anggota tim kami yang sudah berkeluarga dan satu orang lagi yang akan berkeluarga dalam waktu dekat ini. Semuanya menggantungkan diri dari Badr Interactive. Badr Interactive walaupun dalam 6 bulan sejak berdirinya telah mencapai beberapa target yang ditetapkan, tapi tetap saja ia berjalan dengan banyak ancaman dan rsiko yang harus ditanggung terlebih sebagai sebuah start up IT yang biasanya memiliki peluang gagal lebih tinggi dibandingkan ranah bisnis lainnya. Ia harus segera berlari dan melakukan kemajuan dalam proses bisnisnya supaya bisa terus berjalan. Dan semua itu adalah tanggung jawab CEO. Bila dulu saya melihat jabatan publik di kampus sebagai sebuah sarana melatih diri dan juga hal yang akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak, posisi CEO saat ini, amanah itu menuntut tanggung jawab dan juga dampak yang lebih nyata dan terlihat bahkan untuk jangka pendek, terlebih untuk jangka panjang di akhirat kelak. Bila ia gagal memimpin, maka kerugian yang dialami buka hanya kepada gagalnya tujuan dari sebuah organisasi, tapi juga kerugian bagi orang-orang yang dipimpinnya, bagi keluarga yang ditanggungnya, atau bagi masa depannya. Posisi ini membuat diri ini perlu meningkatkan kapasitas kepemimpinannya lebih tinggi lagi. Melihat semuanya jauh ke depan, tidak hanya untuk untung rugi diri sendiri, tapi juga sebuah perusahaan secara keseluruhan.

Tapi karena visi dari Badr Interactive memang merupakan mimpi saya, sehingga semua ini akan saya jalani dengan sepenuh hati. Saya tidak akan tanggung-tanggung dan setengah-setengah. Pengorbanan dan perjuangan lebih merupakan sebuah konsekuensi yang harus saya terima dan dengan senang hati akan ringan untuk diberikan. Tapi satu hal lagi yang akan terus dan harus dijaga, yaitu keberkahan dan ridha dari Allah. Saya merasakan sendiri, semakin berat dan besar beban yang harus kita tanggung, maka semakin besar juga kebutuhan kita kepada pertolongan Allah. Sedangkan untuk menjaga peluang agar Allah selalu memberikan pertolongannya pada setiap hal yang kita lakukan adalah dengan menjadi hamba-Nya yang senantiasa dicintai oleh-Nya. Dan disitulah saya akan juga banyak berusaha, mencoba menjadi hamba yang dicintai oleh Allah dengan segala ibadah dan keuatamaan perbuatan yang bisa mendapatkan cinta dan ridha Allah.

Ke depannya, tiap detik akan jauh lebih bermakna dan berarti. Saat dimana saya menyadari bahwa saat waktu-waktu ini tidak dimanfaatkan untuk melakukan hal yang bermanfaat atau hal yang bisa menjadi penyebab turunnya cinta Allah, maka ketenangan diri ini atas keberhasilan dalam memegang amanah ini akan menjadi taruhannya. InsyaAllah saya siap dan akan selalu belajar, mengembangkan diri, mewujudkan mimpi kami,, menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat untuk ummat, bangsa, dan agama. Allah bersamai terus langkah-langkah kecil ini, saat tertatih, maupun saat berlari,, karena melangkah dalam kebersamaan-Mu merupakan sumber kekuatan terbesar bagi kami…


CATEGORIES : Badr Interactive, Entrepreneur/ AUTHOR : jay

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On YoutubeVisit Us On Linkedin